Lowongan Untuk Berbagai Posisi di PPK
1. Senior MIS/Database Management (Jakarta, 1 Orang)
Spesialis MIS/Database Management diutamakan berpendidikan minimal S1 Ilmu Komputer. Berikut kualifikasi lain yang dibutuhkan:
-
Pengalaman kerja di bidang manajemen database proyek pembangunan social ekonomi skala besar di Indonesia minimal 6 tahun
-
Pengalaman dalam system informasi dan komunikasi data, penguasaan program perangkat lunak manajemen database yang relevan
-
Menguasai pengetahuan mengenai Microsoft Access, Foxbase, Oracle atau software project manajemen
-
Mampu bekerja secara tim
-
Mampu melakukan supervisi fungsional terhadap SMIS diseluruh RMU
-
Mampu memberikan dukungan fungsional untuk operator data entry di seluruh kabupaten
-
Mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi bagi manajemen PPK II
-
Mampu membangun, mengimplementasikan dan memelihara system informasi dan komunikasi data dengan komputerisasi yang responsive, efisien dan efektif
-
Mampu menyiapkan semua kebutuhan petunjuk dan dokumentasi yang mendukung Manajemen Sistem Informasi (MIS)
-
Mampu memfasilitasi penggunaan database MIS melalui pelatihan, petunjuk penggunaan, menu bantuan dan lain-lain, untuk bisa memaksimalkan kebutuhan bagi staf RMU dan KMN
-
Mampu menyediakan dukungan teknis bagi seluruh unit di KMN, terutama yang berkaitan dengan database kuantitatif dan kualitatif (seperti Complaint Monitoring & resolution dan HRD) dan kebutuhan komunikasi (seperti PR dan IEC)
-
Mampu melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan bagi pelaku MIS di semua lini sumber data dan bekerjasama dengan Training & Material Development Specialist mengembangkan program pelatihan mendukung implementasi MIS ataupun Sistem Informasi PPK (SIP)
2. Spesialis Information, Education and Communication (Jakarta, 1 Orang)
Spesialis IEC berpendidikan minimal S1 semua bidang, diprioritaskan menguasai ilmu komunikasi, sosiologi, ilmu social/politik, ilmu hukum, psikologi atau manajemen. Berikut kualifikasi lain yang dibutuhkan :
-
Pengalaman professional dan pengembangan masyarakat minimal 7 tahun
-
Pengalaman untuk pengelolaan kegiatan pengembangan informasi, edukasi dan komunikasi serta memahami pemanfaatan media komunikasi (cetak dan elektronik) untuk mendukung pengembangan media sosialisasi PPK; poster, leaflet, brosur, bulletin, dsbnya.
-
Mampu melaksanakan fungsi hubungan dengan masyarakat dan pihak lain.
-
Mampu mengoperasionalisasikan computer (word, excel, power point, access)
-
Mampu bekerja secara tim
-
Mampu mengkoordikasikan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan inforamsi, edukasi dan komunikasi bagi pelaku PPK dan masyarakat luas, khususnya orang miskin di lokasi PPK
-
Mampu mengembangkan dan menyiapkan materi untuk media informasi dan komunikasi PPK : poster, leaflet, brosur
-
Mampu mengkoordinasikan pengembangan media komunikasi untuk pelatihan : flipchart, audio visual
-
Mampu memantau dan mengevaluasi dampak informasi dan komunikasi serta liputan media massa (cetak dan elektronik) untuk mendukung transparansi PPK
-
Mampu melakukan pemantauan dan evaluasi dampat penggunaan media sosialisasi
-
Mampu mempersiapkan dokumen/publikasi ringkas mengenai semua perkembangan, status dan permasalahan PPK
-
Mampu menyusun pilihan strategi untuk mengkomunikasikan kegiatan dan perkembangan serta permasalahan PPK kepada masyarakat/public
-
Mampu mengkoordinasikan dan memfasilitasi layanan informasi, termasuk memandu kunjungan resmi ke lokasi PPK
3. Spesialis Micro Finance/Credit ( Jakarta, 1 orang)
Spesialis Micro Finance/Credit diutamakan berpendidikan minimal S1 bidang ekonomi, akuntansi dan manajemen. Pengalaman professional dalam pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat/rakyat dan pengembangan usaha simpan pinjam minimal 7 tahun. Pengalaman sebagai konsultan/praktisi dalam pengembangan usaha kecil di pedesaan (micro credit) dan pengelolaan keuangan di pedesaan (micro finance). Berikut kualifikasi lain yang dibutuhkan :
-
Mampu bekerja secara tim
-
Mampu melakukan pemantauan dan memberikan supervise kepada pelaku PPK di lapangan dalam pengembangan usaha kecil dan simpan pinjam di lokasi PPK, termasuk secara khusus simpan pinjam oleh kelompok perempuan
-
Mampu melakukan kajian praktis terhadap lembaga pengelolaan keuangan PPK (UPK dan TPK) dan merumuskan pola pengembangan dan penguatan kelembagaannya
-
Mampu menyusun panduan praktis untuk penguatan kelembagaan usaha masyarakat pedesaan, memfasilitasi bimbingan pelatihan
-
Mampu menyiapkan laporan (fakta dan analisis) perkembangan usaha ekonomi di PPK
-
Mampu memantau dan memberikan supervisi dalam pengelolaan dana bergulir dari PPK fase I dan PPK fase II
-
Mampu melakukan kajian tentang usulan-usulan simpan pinjam yang dilaksanakan kelompok perempuan bersama dengan Gender Inclusion Specialist
-
Mampu mengoperasionalisasikan komputer
4. Koordinator Wilayah (Manado, 1 orang)
Koordinator Wilayah diutamakan berpendidikan S1 atau dengan kualifikasi sederajat dari semua bidang, diprioritaskan dari bidang perencanaan wilayah, sosiologi pedesaan, sosio ekonomi pertanian, manajemen, ekonomi pembangunan atau teknik sipil. Berpengalaman profesional minimal 7 tahun dan sebagai konsultan/praktisi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat atau pengembangan masyarakat (seperti PPK, P3DT, dsbnya) minimal 3 tahun. Berikut kualifikasi lain yang dibutuhkan :
-
Mampu memimpin suatu gugus manajemen lapangan yang akan mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan fungsional konsultan pada lingkup wilayah kerjanya
-
Mampu melakukan pemantauan dan supervisi kegiatan sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan dan pelestarian kegiatan.
-
Mampu melakukan pemantauan dan supervisi serta mengkoordinasikan upaya dan tindak lanjut pelestarian kegiatan terutama hasil dari PPK fase I yang tidak didanai lagi oleh program
-
Mampu mengkoordinasikan pengendalian mutu teknis dari seluruh kegiatan di wilayah koordinasinya.
-
Mampu memberikan dukungan manajemen dalam penanganan masalah/keluhan di lapangan.
-
Mampu membangun “team building” antar konsultan di wilayah kerjanya.
-
Mampu memantau dan melakukan koordinasi penilaian kinerja dan pembimbingan terhadap seluruh konsultan lapangan yang ada di wilayah koordinasinya.
-
Mampu mengembangkan jaringan kerja sama dan komunikasi antar lembaga, termasuk instansi pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat.
-
Mampu menyampaikan laporan reguler dan insidentil dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya serta mengendalikan laporan kemajuan kegiatan beserta kendala di lapangan kepada Team Leader.
5. Deputi Koordinator Wilayah (Banda Aceh & Ambon, 2 Orang)
Deputy Koordinator Wilayah adalah konsultan profesional dengan jenjang pendidikan minimal S1 atau dengan kualifikasi yang sederajat dari semua bidang, diprioritaskan dari bidang perencanaan wilayah, sosiologi pedesaan, manajemen, admnistrasi pembangunan atau teknik sipil. Mempunyai professional minimal 5 tahun dan berpengalaman sebagai konsultan/praktisi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat atau pengembangan masyarakat (seperti PPK, P3DT dsbnya) minimal 3 tahun. Berpengalaman sebagai konsultan atau praktisi dalam proyek/kegiatan pembangunan pedesaan dan pengembangan masyarakat. Berikut kualifikasi lain yang dibutuhkan :
-
Mampu melakukan pengendalian fungsional konsultan pada lingkup wilyah kerjanya;
-
Mampu membangun Team Building antar konsultan PPK di lapangan;
-
Mampu membantu Koordinator Wilayah dalam pemantauan dan supervisi, serta mengkoordinasikan upaya dan tindak lanjut pelestarian kegiatan terutama hasil dari PPK fase I yang tidak didanai lagi oleh program
-
Mampu memberikan dukungan manajemen dalam penanganan masalah/keluhan;
-
Mampu mengorganisir/mengendalikan administrasi kantor;
-
Mampu menyampaikan laporan reguler dan insidentil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya kepada Korwil.
6. Spesialis Penanganan Pengaduan Regional (Bandar Lampung, 1 orang)
Spesialis Penanganan Pengaduan Regional (SP2R) diutamakan berpendidikan S1 di bidang hukum, diprioritaskan pengalaman 3 tahun dalam bidang kegiatan pemberdayaan masyarakat dan 2 tahun dalam bidang advokasi.. Pendidikan minimal S1 semua bidang, diprioritaskan bidang hukum, ilmu sosial/politik, ilmu sosiologi, ekonomi/manajemen, komunikasi, sosiologi atau psikologi. Sangat dipertimbangkan jika memiliki pengalaman dalam penanganan pengaduan supervisi, memahami dan berpengalaman dalam pengelolaan konflik, serta memahami budaya lokal dalam penyelesaian konflik masyarakat Berikut kualifikasi lain yang dibutuhkan :
-
Mampu memantau dan menghimpun masalah dan keluhan dari setiap lokasi PPK di wilayah
-
Mampu memberikan dukungan manajemen kepada konsultan di lapangan dalam penanganan dan penyelesaian masalah
-
Mampu mengembangan jaringan kerjasama dan komunikasi antar lembaga, terutama lembaga terkait dalam penanganan masalah pelanggaran hukum, seperti : kejaksaan, kepolisian, badan pengawas pemerintah daerah, DPRD, lembaga advokasi hukum/LBH, LSM, serta lembaga-lembaga yang kompeten, baik tingkat propinsi maupun kabupaten
-
Mampu memfasilitasi pertemuan reguler dalam penanganan masalah guna mengagendakan tindak lanjut dan percepatan penyelesaian masalah, baik wilayah maupun propinsi
-
Mampu melakukan uji silang, uji petikdan/atau investigasi terhadap masalah serius dan menonjol, serta memberikan penanganannya; berdasarkan laporan dari kosultan maupun dari pihak-pihak lain.
-
Mampu menyiapkan laporan bulanan dan laporan insidentil mengenai perkembangan penanganan masalahberdasarkan laporan dari konsultan lapangan (KM-Kab dan FK)
-
Mampu melakukan koordinasi langsung dengan Complaint Monitoring & Resolution di Jakarta.
-
Menyampaikan laporan reguler dan insidentil kepada Korwil
-
Mampu bekerja sama dalam tim
-
Diutamakan tinggal di wilayah Indonesia bagian Timur
Surat lamaran harap dikirimkan ke :
Human Resource Development Specialist Konsultan Manajemen Nasional
Komplek Graha Pejaten No. 2-3 Jl. Raya Pejaten, Pasar Minggu Jakarta Selatan
Email : hrdppk2@kdp.or.id, hrdnmc@yahoo.com, dan sansan@kdp.or.id
:: Dikutip dari Email NMC Program Pengembangan Kecamatan Tgl. 14 Juni 2005 ::
http://pksmalang.atspace.com/berita/08.vacancy.html
Baca Selengkapnya...